6 Tips Desain Interior Hunian Yang Tepat Untuk Apartemen Anda

Meskipun apartemen selalu terlihat eksklusif bagi sebagian besar orang, namun kesan tersebut bisa hilang jika kita tidak mampu melakukan desain interior yang benar pada hunian tersebut. Sebenarnya pekerjaan mendesain interior ruangan apartemen tidaklah mudah, karena itu banyak pula orang yang menggunakan jasa desain interior rumah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Desain Interior Apartemen

Meskipun mempercayakan pekerjaan dekorasi interior pada jasa desainer, tentu saja Anda harus tahu apa saja yang penting dalam mendekorasi rumah. Hal ini bisa dijadikan sebagai referensi sekaligus bahan konsultasi yang bisa dibicarakan dengan jasa tersebut. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendesain hunian apartemen, diantaranya :

  1. Ruangan Tetap Dibuat Original

Melakukan interior design apartemen sebenarnya lebih sulit dan rumit jika dibandingkan mendekorasi rumah. Hal ini dikarenakan, biasanya ada beberapa faktor seperti prosedur atau perizinan apartemen, ruangan yang terbilang sempit, rumitnya sistem bangunan di apartemen hingga kondisi bangunan apartemen yang kurang bagus.

Jika Anda salah saja mengubah bagian pada sistem bangunan apartemen, justru akan mendapati masalah yang sangat rumit. Belum lagi, akan timbul masalah yang lebih rumit di masa mendatang saat hendak menjual hunian apartemen Anda dengan kondisi seperti itu. Jadi buat apartemen tetap original.

  1. Tata Letak Furniture

Poin yang kedua ini juga tidak kalah rumit, karena memang kurang begitu diperhatikan oleh arsitek apartemen sekarang ini. Pembahasan mengenai layout ini memang tidak bisa digambarkan. Jadi tidak menutup kemungkinan, Anda harus memanfaatkan jasa desain interior apartemen atau jasa konsultan interior.

Salah satu jasa desain interior hunian yang bisa Anda sewa di Jakarta ialah Moraine Studio. Jasa desainer ini sudah sangat berpengalaman dalam mendesain ruangan, baik untuk kantor, hunian rumah, maupun untuk apartemen sekalipun.

  1. Upgrade Kapasitas Ruangan Apartemen

Sebaiknya pilih jenis-jenis furniture yang bisa meningkatkan kapasitas ruangan apartemen Anda, misalnya seperti ranjang tingkat, ranjang geser, atau sofa bed. Namun perhatikan pula keadaan ruangan Anda, jangan sampai terkesan terlalu sempit. Pasang beberapa furniture yang rapi dan ringkas. Jika perlu pilihlah furniture yang multifungsi.

  1. Jangan Terlalu Banyak Aplikasikan Cermin

Meskipun penggunaan cermin bisa menampakkan efek leluasa pada interior hunian Anda. Namun jangan lupa untuk menghindari furniture-furniture yang bersifat fragile atau mudah pecah.

  1. Pemakaian Wallpaper Tidak Disarankan

Sebagian orang mungkin memilih pemakaian wallpaper dengan alasan lebih simple. Namun, tahukah Anda jika penggunaan wallpaper justru lebih mudah robek atau rusak? Ya, terlebih lagi dengan kondisi iklim di negara kita yang lembab mengakibatkan wallpaper pun tidak awet.

Sedikit saja kerusakan yang ada pada wallpaper Anda, maka sudah tentu harus menggantinya dengan keseluruhan.

Alangkah baiknya, lakukan cara memadukan beberapa warna dengan pemilihan cat tembok yang berkualitas. Pemilihan cat tembok ini dapat mempermudah Anda merawat tembok. Kualitas cat yang bagus biasanya lebih mudah dilap jika terkena kotoran.

  1. Material Berkualitas dan Awet

Saat membeli beberapa furniture untuk apartemen, sebaiknya gunakan furniture yang terbuat dari bahan berkualitas, seperti pemakaian multiplek yang berjenis meranti. Sebab kekuatan dan daya tahannya sudah baik. Hindari pemakaian mdf atau blockboard. Untuk material sofa sendiri dianjurkan memakai kain imitasi yang dibalut material Polyurethane PU. Pemakaian furniture yang berbahan HPL juga cukup baik jika Anda mau.

Itulah 6 tips desain interior hunian apartemen yang baik. Konsultasikan rencana dekorasi ruangan apartemen Anda dengan mengikuti tips-tips di atas bersama jasa desainer Kami, Moraine Studio. Hubungi Kami di kontak yang tersedia di web www.morainestudio.com!